“Tidaklah Allah mengutus seorang nabi melainkan ia pernah menggembala kambing.” Para shahabat bertanya, “Baginda juga?” Rasul menjawab, “iya aku pernah menggembala kambing milik penduduk Makkah dengan upah beberapa qirath.” Pengalaman Rasul sebagai penggembala kambing berarti banyak dalam pembentukan karakter beliau. Konon, setiap jenis hewan memberikan pengaruh yang berbeda kepada penggembalanya.
Menggembala kambing dapat menjadi sebab tumbuhnya kelembutan dan kasih sayang. Setiap penggembala biasa mengurusi kambing yang sakit, luka hingga melahirkan. Hal tersebut memantik cinta yang lebih murni tanpa tendensi. Jika seseorang telah mampu mencintai dan bersabar dengan binatang, mereka akan lebih menghargai kehidupan sesama manusia.
Di masa itu para penggembala biasa bermalam bersama gembalaan mereka di lembah-lembah. Malam yang teramat dingin dan siang yang terlampau panas tak mengendorkan ketelatenan mereka dalam menunggui rerumputan terlumat geraham hewan ternak. Hal ini tentu saja menempa ketahanan fisik dan menguatkan kesabaran. Dua karakter ini akan sangat berperan di masa dakwah yang penuh aral.
Keberanian adalah modal pokok di masa jihad yang tidak menyisakan ruang untuk orang-orang bernyali ciut. Para penggembala adalah kumpulan pemberani. Mereka harus senantiasa siaga menghadapi serangan hewan-hewan liar yang bisa datang kapan saja. Kelengahan dapat berakibat fatal bagi hewan gembalaan maupun penggembala. Perampok dan penyamun juga tak kalah mengerikan dari kumpulan serigala.
Menggembala menumbuhkan berbagai karakter lain yang dibutuhkan para rasul. Setiap noda dan kotoran yang menempel di tubuh penggembala adalah wasilah merontokkan keangkuhan. Menggembala merupakan jalan mendapatkan nafkah yang halal dan meraih kebebasan jiwa. Malam sunyi di lembah berumput memberikan ruang berfikir, merenungi hakikat kehidupan. Para penggembala juga dibiasakan menghargai diri sendiri sebab mereka tak perlu menjilat demi keuntungan lebih. Demikianlah, setiap episode kehidupan Rasulullah adalah lautan hikmah yang tak habis diciduk para pemikir. Wallahu a’lam.
Syair "mending tuku sate, timbang tuku wedhuse" tidak selalu benar!
Syair "mending tuku sate, timbang tuku wedhuse" tidak selalu benar!
Top...
BalasHapusTerima kasih.
Hapus